BERITA

KUNJUNGAN WISATA KE RIMBA BITTI PANDALA

Jumat, 24 Juni 2022
Ditulis oleh Wiwi Wardani

Minggu pagi (27 Maret 2022), Rombongan manajemen dan staff LPTM beserta keluarga mengadakan kunjungan wisata ke Rimba Bitti Pandala. perjalanan dimulai pukul 06.00 pagi dan bertolak dari kantor LPTM di jalan Batua Raya Makassar.

Dengan mengendarai bus pariwisata perjalanan ditempuh kurang lebih 2 jam. suasana kekeluargaan terasa sangat kental. satu persatu staf memperkenalkan diri dan bercerita tentang pengalaman selama bekerja di LPTMDi perjalanan  rombongan  singgah untuk menikmati jagung rebus khas Takalar sembari beristrirahat sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Tujuan wisata ini untuk mendukung inisiasi penghijauan di kawasan Dusun Pandala  . Jenis bibit yang kami kebangkan merupakan jenis pohon kayu yakni dikenal dengan nama Pohon Bitti (Vitex Coffasus), Ujar Dr. Ir. H. Baharuddin Abidin selaku Direktur LPTM sekaligus penggagas pengembangan Hutan Wisata Pendidikan di Takalar.

Setelah beristirahat sejenak, rombongan melaksanakan agenda utama yakni penanaman Bibit Pohon Bitti.

Pohon Bitti termasuk salah satu jenis pohon unggulan sulawesi selatan. Kayu bitti banyak digunakan sebagai kayu perkakas, konstruksi rumah dan sebagai bahan untuk membuat perahu phinisi (perahu khas Sulawesi Selatan). Mempunyai kecepatan tumbuh yang tinggi serta tahan terhadap kebakaran membuat jenis ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi jenis andalan yang unggul.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan bermain games diantaranya memanah. ada beberapa jenis rekreasi pilihan yang dapat dipilih diantaranya :

1. Wandering, jalan2 sehat didalam rimbunan pepohonan Bitti

2. Bersepeda pada jalur yang ditentukan dengan menggunakan Sepeda Rimba.

3. Kenikmatan memanah

4. Ayunan

5. hammock

6. Bakar ikan

7. berbagai game dialam terbuka

Diharapkan kunjungan wisata ini dapat memberikan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan. Rimba Bitti Pandala juga terbuka untuk siswa siswi sekolah hingga Mahasiswa untuk melaksanakan Field Trip.

Media Pembelajaran yang akan diperoleh antara lain:

1. Tegakan pepohonan untuk memberi pemahaman tentang manfaat pohon dan hutan.     

2. Cara pembenihan dan pembibitan tanaman menambah pengetahuan

3. Menanam bibit pohon Bitti sebagai pengalaman dan proses belajar yang menarik.

4. Contoh sumur resapan untuk memberi pengetahuan cara mengurangi genangan air hujan

5. Praktek membuat lubang biopori untuk menyuburkan tanah dan menabung air hujan dalam tanah.

6. Memetik buah Bitti kalau sedang musim sebagai proses belajar yang menarik.

7. Membuat tulisan atau gambar tentang hal yg menarik perhatiannya.

Fasilitas :

1. Tiga buah dangau tempat silaturahmi dan beristirahat

2. Lapangan mini utk bermain

3. WC/KM yg nyaman

4. Bangunan untuk shalat dan meeting

Cukup membayar biaya kontribusi sebesar Rp. 10.000 kita sudah bisa menikmati dan memperoleh banyak pengetahuan yang nantinya akan sangat berguna. untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak person 0822 1677 2199 (WA).