BERITA

Penggantian Oli Mesin Excavator

Rabu, 12 Agustus 2020
Ditulis oleh Muh. Said

Sebelumnya kita sudah membahas tentang Pemeliharaan dan Perawatan Harian (P2H), saat ini kita akan membahas mengenai tata cara pergantian oli mesin Excavator. Pergantian oli mesin pada Excavator juga merupakan bagian dari perawatan yang biasa kita sebut dengan perawatan berkala. Perawatan berkala itu sendiri berbeda dengan perawatan harian.

Perawatan harian merupakan kegiatan yang di lakukan setiap hari, baik mesin dalam keadaan mati  maupun setelah mesin dinyalakan. Contohnya sebelum menghidupkan mesin  terlebih dahulu kita akan melakukan pembersihan saringan udara, pelumasan komponen perlengkapan kerja dan lain-lain. Setelah mesin dalam keadaan hidup, kita  akan melakukan pemeriksaan terhadap dinamo pengisian atau alternator untuk mengetahui apakah dapat mengisi setrum aki dengan baik atau tidak  dan lain-lain. Sedangkan perawatan berkala adalah perawatan yang dilakukan secara berkala dan sudah terjadwal dalam suatu kurun waktu yang cukup lama. Contohnya pergantian oli mesin, pergantian oli hidrolik, dan lain-lain.

Sebelum kita melakukan penggantian oli mesin excavator,  tentunya kita sudah mengetahui jangka waktu penggantian oli mesin yaitu sekitar 250-500 jam pengoperasian. Berikut kita akan membahas apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan penggantian oli mesin excavator:

  1. Siapkan oli sae 40 secukupnya ( setiap unit excavator memiliki takaran oli mesin yang berbeda-beda)
  2. Siapkan filter oli mesin, filter bahan bakar dan filter udara ( saya menyarankan untuk mengganti filter tersebut secara bersamaan  dengan penggantian oli mesin agar memudahkan dalam pengontrolan pergantiannya)
  3. Siapkan wadah untuk menampung oli bekas (saya menyarankan untuk memperhatikan betul-betul  mengenai wadah ini karna oli yang kita tumpahkan sembarangan dapat merusak lingkungan)
  4.  Kunci-kunci, termasuk kunci filter( ukuran baut pembuangan oli mesin berbeda-beda)
  5. Majun atau lap untuk membersihkan stik/ level oli mesin

Tata cara pergantian oli mesin excavator sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah tepat berada dibawah tempat pembuangan oli mesin
  2. Lepaskan baut pada tempat pembuangan oli mesin atau oil fan menggunakan kunci-kunci yang telah disiapkan
  3. Pastikan oli yg kita buang jatuh atau tumpah tepat berada di dalam wadah yang sudah kita siapkan
  4. Buka penutup tempat pengisian oli agar oli lebih cepat turun.
  5. Ganti semua filter yang sudah kita siapkan tadi (untuk filter oli dan bahan bakar sebelum di pasang, masing-masing diisi terlebih dahulu dan sebelum membuka filter bahan bakar pastikan kran bahan bakar dalam keadaan tertutup)
  6. Setelah oli habis maka kita pasang kembali baut pembuangan oli mesin dan kencangkan
  7. Isi atau masukkan oli mesin secara perlahan sambil memperhatikan level oli mesin supaya ukurannya pas, tidak lebih dan tidak pula kurang.
  8. Tutup kembali penutup tempat pengisian oli mesin
  9. Amankan oli bekas pergantian dan kunci-kunci yg telah kita pakai
  10. Penggantian oli mesin telah selesai
  11. Catat hour meter pergantian oli mesin untuk menentukan waktu  pergantian berikutnya

Catatan:

Jangan lakukan pergantian di waktu mesin panas