BERITA

Pemeliharaan dan Pemeriksaan Harian (P2H) Excavator

Kamis, 09 Juli 2020
Ditulis oleh Muh. Said

Sebagai operator excavator penting untuk kita ketahui fungsi dan cara pengoperasian sebuah excavator.  Fungsi excavator adalah untuk menggali, mengangkat, memindahkan, menyisir dan meratakan material. Selain fungsi kita juga harus mengetahui komponen-komponen Excavator.

                                                                img : excavatorrepairparts.com

                            Pengenalan Komponen-Komponen Excavator oleh Insturkturkepada Peserta Pelatihan LPTM 

Setelah kita mengetahui semua komponen-komponen excavator, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui perawatan Excavator itu sendiri. Biasanya sebelum mengoperasikan Excavator seorang operator harus melakukan Pemeriksaan Perawatan Harian (P2H). Mengapa P2H sangat penting dilakukan sebab seorang operator harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan saat bekerja. Menurut penelitian sebagian besar kecelakaan yang terjadi adalah kelalaian seorang operator yang tidak memperhatikan kondisi alat sebelum di operasikan.

                                                Peserta LPTM melakukan P2H sebelum praktek menggunakan Excavator

                                            Peserta LPTM melakukan P2H sebelum praktek menggunakan Excavator

Secara umum P2H dilakukan dengan melakukan pemeriksaan :

  1. Pertama, bagian perlengkapan kerja (attachment). Bagian yang di periksa yaitu Hose. Apakah aman dan tidak memungkinkan terjadinya kebocoran. Begitupun dengan Oil Seal Cylinder Bucket, Seal Cylinder Arm dan Seal Cylinder Boom. Kemudian dilanjutkan dengan memeriksa bagian Pen untuk menghindari kemunkinan terlepasnya komponen attachment yang menggunakan Pen. Selanjutnya memeriksa bagian kuku (tooth bucket) agar tidak terlepas saat bekerja.
  2. Kedua, melanjutkan pemeriksaan di bagian Undercarriage yaitu memeriksa kekencangan track dan kelonggaran-kelonggara komponen undercarriage.
  3. ketiga, pemeriksaan kebocoran-kebocoran bagian bawah mesin, radiator, pompa hidrolik, bagian motor swing,  bagian tanki oli hidrolik, tanki bahan bakar dan selanjutnya memastikan kran tidak dalam keadaan tertutup.
  4. Keempat, pemeriksan di bagian atas alat  yaitu pemeriksaan air pendingin, level oli mesin dan kekencangan tali kipas (fanbelt). Selanjutnya memeriksa level oli motor swing kemudian di lanjutkan dengan memeriksa level oli hidrolik, water separator dan baterai (accu) berikut dengan kekencangan kepala accu tersebut.
  5. Kelima, melakukan perawatan-perawatan atau pelumasan. Perawatan biasanya dilakukan dengan memberikan pelumasan bagian perlengkapan kerja (attachment) dan pembersihan.
  6. Selanjutnya melakukan pemanasan awal dengan temperatur rendah sebelum bekerja.

Demikan hal-hal penting yang perlu diperhatikan pada saat melakukan P2H pada excavator.

 

*disunting oleh Admin